Ini 4 Dampak Jika Sering Berbohong Sama Orang

Ini 4 Dampak Jika Sering Berbohong Sama Orang

January 9, 2019 0 By metropolitan

Sejak kecil kita diajarkan untuk memiliki sifat jujur dan hindari berkata bohong. Sayangnya masih banyak yang sering menyepelekan sifat terpuji satu ini dan merasa bahwa satu kebohongan kecil tidak akan menjadi masalah. Namun kalian harus tahu ada dampak jika sering berbohong dengan orang lain.

Hati-hati lho, dari seuah kebohongan yang dirasa kecl dan sepel, lama-lama kita akan mulai terbiasa mebgatakan sesuatu yang tidak benar dan kemudain akan berdampak pada hal lain. Setelah menjadi kebiasan, kita tidak lagi merasa perasan bersalah setiap kali mengatakan hal gak benar.

Berikut dampak jika sering berbohong

Ini-4-Dampak-Jika-Sering-Berbohong-Sama-Orang-1

Orang-Orang Akan Kehilangan Rasa Percaya Diri Kepadamu

Tau kan cerita penggembala yang berbohong soal serigala dan kemudian dia berakhir dimakan serigala karena gak ada lagi yang menolongnya setelah dia sering berbohong? Itulah ilustrasi sederhana dampak jika sering berbohong. Pada akhirnya, meskipun kita mengatakan sebetulnya, gak akan ada lagi yang percaya. Duh gak pengen kan ini terjadi? makanya hindari berkata bohong ya.

Akan Selalu Curiga Kepada Orang Lain

Karena terlalu sering berbohong dan mengatakan hal yang gak sebetulnya terjadi. Kamu merasa semya orang sama sepertimu. Alhasil, hidupmu selalu penuh kecurigaan dan gak ada orang yang bisa kamu percaya. Kamu juga merasa bahwa gak ada orang yang jujur di dunia ini. Itulah dampak jika sering berbohong.

Merasa Gelisah Terus Menerus

Karena banyaknya kebohingan yang sudah kamu lakukan. Maka kami bahkan gak bisa membedakan lagi mana yang jujur mana yang bohong. Awas, jika hal ini terus menerus terjadi, kamu akan alami kegelisahan dalam hidup. Karena, kamu gak tahu siapa saja orang yang sudah kami bohongi dan sudah sejauh mana kebohonganmu menyebar.

Reputasimu Akan Buruk

Dampak jika sering berbohong terakkhir ini memang tidak menyenangkan. Ya, lama-kelamaan semua orang akan tahu dengan kebiasaanmu satu ini. Akbatnya, reputasimu akan buruk di mata orang lain. Lebih parah lagi kalau kamu sudah mendapat cap pembohing di masyarakat.